Visi & Misi IABEE


Latar Belakang

Tantangan yang terus berkembang yang dihadapi oleh profesi keteknikan dalam paradigma global pembangunan berkelanjutan membawa realisasi akan adanya kebutuhan mutlak untuk mengelola kualitas hasil pendidikan tinggi teknik dalam kerangka standar dan praktik mutu yang diakui secara internasional. Paradigma kunci lain dalam pendidikan tinggi teknik adalah relevansi program akademik yang dioperasikan oleh institusi pendidikan tinggi dengan kebutuhan profesi dan industri.

Kualitas, relevansi, dan perluasan kesempatan sangat penting bagi efektivitas dan daya saing lembaga pendidikan tinggi teknik di masa depan. Aspek-aspek ini membentuk kerangka sistem manajemen mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Tantangan yang terus berkembang yang dihadapi oleh profesi teknik di era globalisasi menyoroti kebutuhan mutlak untuk mengelola kualitas hasil pendidikan tinggi teknik dalam kerangka standar dan praktik mutu yang diakui secara internasional. Paradigma kunci lain dalam pendidikan tinggi teknik adalah relevansi program akademik yang dioperasikan oleh lembaga pendidikan tinggi dengan kebutuhan profesi dan industri.

Tujuan dari sistem manajemen mutu pendidikan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan teknik secara berkelanjutan. Hal yang sangat penting untuk mendasari tercapainya tujuan ini adalah asas otonomi perguruan tinggi sebagai motor penggerak sistem yang lebih dinamis dan akuntabel, serta sistem akreditasi untuk menjamin mutu lulusan dan terselenggaranya sistem perbaikan proses pembelajaran keteknikan berkelanjutan yang efektif, yang pada gilirannya menjamin keputusan-keputusan untuk perbaikan berkelanjutan didasarkan pada informasi yang nyata dan dapat dipertanggungjawabkan.

Visi

IABEE memandang dirinya sebagai pembaharu dan pendorong percepatan kemajuan pendidikan tinggi teknik di Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia yang inovatif dan inovasi teknik untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Misi

Untuk mencapai visi tersebut, IABEE mengemban misi utama sebagai berikut:

  1. Mendorong peningkatan mutu pendidikan tinggi keteknikan melalui akreditasi untuk menghasilkan tenaga profesional yang mandiri dan sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan,
  2. Memfasilitasi pengembangan sistem pendidikan tinggi keteknikan yang menekankan pada peningkatan mutu berkelanjutan menuju standar mutu global,
  3. Mendorong komunikasi dan kemitraan antara perguruan tinggi keteknikan dan pemangku kepentingan untuk secara efektif memanfaatkan sumber daya dan kearifan lokal demi kesejahteraan masyarakat, dan
  4. Mendukung penyebarluasan inovasi untuk kemajuan pendidikan tinggi teknik.