Persyaratan Program Studi

Akreditasi Internasional oleh IABEE bersifat sukarela dan pilihan/opsional bagi Prodi  yang telah terakreditasi secara nasional. Dengan demikian, Program-program Studi tersebut harus terdaftar sebagai Program Studi Sarjana berstatus aktif di bidang Teknik di dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) yang dikelola oleh KEMENRISTEKDIKTI.

Persyaratan kelayakan yang bersifat lebih khusus untuk Akreditasi Internasional oleh IABEE adalah sebagai berikut:

  1. Lembaga Pengelola Prodi telah memperoleh Akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat sekurang-kurangnya ‘B’.
  2. Prodi telah memperoleh akreditasi nasional BAN-PT dengan peringkat sekurang-kurangnya ‘A’.
  3. Prodi merupakan Program Studi Sarjana di bidang Teknik dengan masa studi kurikulum selama sekurang-kurangnya empat tahun dan dengan beban perkuliahan total sekurang-kurangnya 144 SKS (satuan kredit semester).
  4. Prodi telah menerapkan kurikulum berbasis luaran sejak sekurang-kurangnya tiga tahun terakhir tanpa terputus dan terus berlanjut untuk Evaluasi Umum, atau satu tahun dan berlanjut untuk Evaluasi Provisional.
  5. Prodi telah memberlakukan dan mempublikasikan pernyataan Profil Lulusan yang dicita-citakan sebagai tujuan kependidikannya.
  6. Prodi telah memberlakukan dan mempublikasikan pernyataan Luaran Pembelajaran Prodi, yang menjadi landasan penyusunan kurikulum dan metode pembelajaran.

Dalam proses evaluasi, LPP diwajibkan menugaskan dua orang pejabat sebagai narahubung utama dengan IABEE, masing-masing bertindak sebagai Wakil Prodi (WP) dan Wakil LPP (WLPP). Pejabat-pejabat kampus yang diakui oleh IABEE sebagai layak untuk ditugaskan menjadi WP adalah Ketua Prodi, sementara pejabat yang layak menjadi WLPP adalah Rektor, Dekan Fakultas, Direktur Sekolah, atau pejabat lain yang setara.

Prodi yang dinilai layak untuk mengikuti proses evaluasi akan menerima pemberitahuan mengenai persetujuan tersebut serta informasi pembayaran melalui WP dan WLPP.

Setelah pembayaran untuk proses evaluasi telah diterima oleh IABEE, Prodi akan menerima pemberitahuan resmi untuk memulai penyusunan dokumen Laporan Evaluasi Diri (LED) dengan menggunakan Sistem Evaluasi Online (SEO). Pemberitahuan ini akan mencakup pula tenggat penyerahan LED. Setelah tenggat tersebut berlalu, Prodi tidak diperbolehkan mengubah/menambah LED melalui SEO hingga pemberitahuan selanjutnya.