Mengapa Perlu Akreditasi IABEE

IABEE merupakan lembaga akreditasi mandiri dengan pengakuan masyarakat internasional. Dengan demikian, lulusan sebuah program studi yang terakreditasi IABEE akan memiliki daya saing dan kualitas internasional. IABEE sedang dalam proses pengajuan sebagai anggota (signatory) Washington Accord yang beranggotakan lembaga akreditasi internasional bidang teknik/rekayasa (engineering) dari berbagai negara termasuk ABET dan JABEE.

Akreditasi internasional menekankan pada implementasi pendidikan berbasis capaian pembelajaran (outcome based education) dan tidak hanya berbasis masukan (input based education).  Pada sistem pendidikan konvensional berbasis masukan, proses pendidikan tidak menjamin apakah mahasiswa memiliki kemampuan tertentu dari hasil belajarnya. Sebaliknya, fokus pada pendidikan berbasis capaian pembelajaran akan memberikan rujukan capaian pembelajaran dan jaminan pemenuhannya melalui proses perbaikan berkelanjutan.

Selain itu, kriteria akreditasi IABEE dikembangkan dengan melibatkan sejumlah organisasi/asosiasi profesi nasional dan internasional untuk setiap bidang teknik atau rekayasa. Dalam hal ini, sebagai asosiasi profesi insinyur nasional (UU Keinsinyuran), PII (Persatuan Insinyur Indonesia) terlibat bersama dengan sejumlah organisasi/asosiasi profesi nasional lainnya.