Lingkup Akreditasi

Evaluasi dan akreditasi oleh IABEE dilaksanakan terhadap Program Studi dalam disiplin Teknik pada jenjang Sarjana. Menurut Undang-undang RI Nomor 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, suatu Program Studi (Prodi) didefinisikan sebagai unit kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang menjalankan suatu kurikulum dan metode pembelajaran yang tertentu, di dalam suatu jenis pendidikan akademik, profesional, dan/atau vokasi. Program-program Studi ini memberikan gelar Sarjana Teknik melalui implementasi kurikulum yang melibatkan masa studi selama 4 Tahun Akademik, dengan beban total perkuliahan setidaknya sebesar 144 SKS (satuan kredit semester).

Suatu Prodi diselenggarakan oleh Lembaga Penyelenggara Prodi (LPP). LPP merupakan institusi akademik yang beroperasi pada tingkatan organisasi Fakultas, Sekolah, maupun unit-unit lain yang setara, hingga setingkat Universitas, Institut, atau institusi lain yang setara. IABEE tidak melaksanakan akreditasi terhadap LPP.

Dalam proses evaluasi, Program Studi diharuskan memilih satu bidang/disiplin yang paling sesuai dari daftar Bidang-bidang Akreditasi di Lampiran A di dalam dokumen ABEA ini. Kelayakan suatu Program Studi untuk menjalani proses Akreditasi Internasional oleh IABEE dijelaskan secara lebih rinci pada Pasal 2.3 dokumen ABEA.

Program Studi akan dievaluasi jika dinilai memenuhi persyaratan kelayakan yang dinyatakan dalam dokumen ABEA dan Kriteria Akreditasi (KA) IABEE. Dokumen KA terdiri dari Kriteria Umum, Kriteria Disiplin serta Panduan Kriteria yang berlaku pada siklus akreditasi tersebut.

IABEE mengakreditasi Program-program Studi yang memenuhi seluruh KA melalui suatu proses evaluasi yang didasarkan pada permintaan dan pemasukan informasi dari pihak Institusi Pengelola Program Studi. Sebuah Tim Evaluasi akan ditugaskan untuk menangani setiap permintaan evaluasi oleh Komisi Evaluasi dan Akreditasi IABEE (IABEE Evaluation and Accreditation Commission – EAC). Tim ini bertugas mengevaluasi kesesuaian Program Studi dengan KA dengan cara memeriksa Laporan Evaluasi Diri yang diserahkan oleh Program Studi melalui Institusi Pengelola Program Studi, dan dengan memverifikasi bukti-bukti yang relevan melalui proses Kajian Visitasi (On-Site Review).

Kegiatan Kajian Visitasi tidak diperlukan untuk kasus-kasus status akreditasi tertentu, yang dibahas secara lebih rinci pada Pasal 2.4.2.2. dokumen ABEA ini.